(BEM UNRAM)-  Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!
Hidup Perempuan Indonesia!

Berbicara tentang sampah, mungkin pikiran kita akan mengingat Jakarta, sebuah kota metropolitan dengan kesibukan nya dari segala aktivitas manusia termasuk aktivitas perusahaan-perusahaa besar yang selalu menghasilkan sampah setiap detiknya dengan jumlah besar.

Namun tahukah kamu, disebuah kota kecil yang bernama Mataram dengan jumlah lebih daripada 495.681 jiwa juga memiliki permasalahan yang sama loh seperti Jakarta. Aktivitas-aktivitas manusia yang padat dan terus menghasilkan sampah tiada henti-hentinya tanpa adanya kesadaran dan solusi bersama, akhirnya berdampak pada penumpukan sampah dimana-mana bahkan di aliran sungai yang seharusnya harus tetap steril dan terjaga kebersihannya, karena sungai juga merupakan sebagai sumber mata pencaharian untuk sebagian orang.

Bersama LHK Provinsi NTB, Kementerian Lingkungan Hidup BEM Unram tahun 2020 kemudian melahirkan suatu gerakan Clean Up yang dilaksanakan bersama Mahasiswa/i Unram dan Masyarakat. Kegiatan Clean Up ini sendiri dilaksanakan di Sungai Ancar, gerakan ini merupakan upaya Kementerian LH BEM Unram dalam penyadaran masyarakat bagaimana urgensinya kesadaran satu sama lain dalam menjaga lingkungan termasuk dalam penjagaan kawasan sungai sebagai aliran nafkah bagi sebagian orang maupun kehidupan makhluk bawah air sekaligus sebagai gerakan lanjutkan dari Program Unram Zero Waste.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, peserta Clean Up melakukan penyisiran sampah di pesisir sungai yang kemudian sampah-sampah yang sudah terkumpul lalu diangkut keatas truk pengangkut sampah dari dinas kota Mataram dan dari dinas LHK Provinsi NTB yang kemudian di proses ke TPA.

Diakhir kegiatan Clean Up, Panitia melakukan pembagian Tumbler gratis kepada semua peserta sebagai salah satu gerakan pengurangan sampah dan tidak lupa juga sebagai penutup kegiatan Clean Up bersama Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Kementerian LH BEM Unram tahun 2020 mengajak mahasiswa/i dan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan sampah.

0
0