Oleh : Anggun Firmansyah

Menurut Kalender Akademik 2020-2021 yang diterbitkan oleh Universitas Mataram, jadwal PKKMB jalur SBMPTN & Mandiri dilaksanakan 7-9 September. Sedangkan 10-11 September adalah PKKMB tingkat Fakultas yang diikuti oleh seluruh jalur masuk PTN. Sesuai Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2020 bahwa pelaksanaannya masih Daring.

Tepat tanggal 3-5 Agustus lalu telah dilaksanakan PKKMB Daring jalur SNMPTN. Kegiatannya berjalan lancar dengan metode webinar via aplikasi zoom. Akan tetapi, dihari pertama bejibun masalah menerpa peserta. Menyadari itu, Kementerian Advokastrad BEM Unram berinisiatif mengadakan quisioner dari tanggal 17-25 Agustus dengan penyebaran melalui group mahasiswa baru dan akun media sosial lainnya.

 Hasil quisioner evaluasi pelaksanaan PKKMB Daring di teruskan ke Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dengan hasil sebagai berikut: Pertanyaan “Apakah materi yang disampaikan dapat dipahami?” 20,22% menjawab (Sangat Dipahami), (Dipahami) 49,44 %, (Cukup Dipahami) 26,97%, (Kurang Dipahami) 3,37%, dan 0% yang menjawab tidak paham.

 Secara garis besar pelaksanaan PKKMB Daring direspon positif oleh Mahasiswa Baru jalur SNMPTN (info lengkap: @bemunram). Akan tetapi, beberapa hal yang menjadi keluhan serta permasalahan yang harus menjadi perhatian penyelenggara. Diantaranya pembagian kuota internet sebagai fasilitas yang telat di distribusikan. Permasalahan ini sangat disayangkan oleh peserta karena sempat mengalami kesulitan dalam mengakses link zoom yang diberikan.

 Bukan hanya kuota internet, peserta juga berharap panitia disiplin dengan jadwal acara yang direncanakan dan  menambahkan lebih banyak hiburan. Menilisik pelaksanaannya berkisar 15 jam selama 3 hari maka dirasa perlu ada hiburan untuk menghindari kebosanan. Besar harapan ini dinilai serius oleh birokrasi Unram untuk perbaikan, walaupun di tengah pandemi serba keterbatasan. Tinggal kita liat apakah Unram selama ini mampu mengakomodir aspirasi mahasiswanya, atau tidak ingin ambil pusing dan ribet ?

 

0
0