Oleh : Yusifar Fathana Sp

Perjuangan dan pengorbanan, Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dan sekarang usia kemerdekan sudah 74 tahun.

Untuk mencapai kemerdekaan yang seutuhnya pemuda dan rakyat Indonesia mengorbankan nyawa dan menumpahkan darah nya Mereka membela kebenaran, keadilan serta hak-hak yang semestinya mereka miliki.

Jika di negeri ini membicarakan tentang kebenaran, keadilan serta hak-hak yang menjadi milik mereka lantas bagaimana dengan penguasa saat ini yang mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang sya rasa sedikit menimpang dan tidak pro terhadap rakyat.

Kata mereka Indonesia merdeka secara utuh sedang kan kebebasan untuk menyuarakan kebenaran dan berpendapat saja di bungkam, di intervensi hingga di intmidasi.

Kata mereka menyampaikan aspirasi dengan berekspresi di depan umum itu menjadi hak-hak setiap orang namun nyatanya masih saja ada semprotan air, Gas Air mata dan timah panas menembus “dada” yang pada akhinya kebebasan berekspresi itu menjadi duka cita.

Pada akhirnya pemuda dan rakyat merasa enggan untuk menyampaikan kebenaran, keadilan karena kebebasan untuk berpendapat saja di kekang hingga di bungkam.

Pada dasarnya itu menjadi hak-hak dalam bernegara untuk itu sang penguasa perlu adanya revolusi berpikir atau pencerdasan.

 

0
0