OLEH KHAERUDDIN

Pergerakan mahasiswa kadang dipandang sebelah mata oleh para pemangku kekuasaan. Padahal dalam setiap catatan sejarah yang pernah terjadi di bangsa ini, pergerakan mahasiswa memegang peranan penting dalam kemajuan, meruntuhkan kebobrokan penguasa, mereformasi keadaan. Bersatunya semua kelompok mahasiswa menjadikan variable itu terlihat banyak, terlihat kuat dan solid. Gerah akan janji dan kinerja birokrasi yang terbilang sangat lambat, semua kelompok itu bersatu-padu, membuat lingkaran besar, dengan ide dan strategi gemilang. Tidak lain tujuan yang ingin dicapai, agar pembangunan, tranparansi, dan kemajuan tercipta segera.

19/9/2019 Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus Biru (AMPKB) yang terdiri dari persatuan mahasiswa se-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram menggelar aksi damai di FEB UNRAM. Menagih janji birokrasi yang 1 tahun lalu divalidasi dalam sebuah kegiatan bertajuk “Dialog Kampus Biru”. AMPKB sudah gerah dengan janji birokrasi pada setiap audiensi yang dilakukan oleh perwakilan mahasiswa terkait dengan perjanjian tersebut. Point tuntutan yang diangkat tidak jauh berbeda dari kegiatan tahun lalu itu. Masalah pembangunan, fasilitas, dukungan terhadap kegiatan mahasiswa, isu pungli dan lain sebagainya. Tak kurang dari 200 mahasiswa FEB UNRAM ikut membersamai aksi ini. Antusiasme dan semangat mahasiswa terlihat sangat membara. Masing-masing perwakilan mahasiswa melakukan orasi di depan gedung A FEB UNRAM, tidak terkecuali mahasiswa dari D3. Setelah 1 jam melakukan orasi di depan gedung A, mahasiswa naik menemui seluruh jajaran pihak birokrasi di gedung (C) Teater FEB UNRAM. Gedung dipadati oleh mahasiswa.

Adapun point tuntutan yang berhasil dicapai adalah:

  1. Perbaikan dan penataan tempat parkiran mahasiswa FEB UNRAM baik di D3 maupun S1.
  2. Pengadaan fungsi dari fasilitas kampus ( Kipas, Ac, Gorden, dll).
  3. Perbaikan gedung tidak layak pakai agar segera ditindaklanjuti.
  4. Memberikan dukungan penuh kepada ormawa yang akan mengembangkan berbagai program yang dapat meningkatkan kemampuan akademik maupun non-akademik.
  5. Melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap isu pungli di FEB serta memberikan sanksi dan efek jera sehingga hal-hal semacam itu tidak lagi terurang.

Kelima point tuntutan yang telah ditandatangani tersebut akan terus dilakukan evaluasi oleh mahasiswa selambat-lambatnya 1 bulan mendatang. Selanjutnya mahasiswa se-Universitas Mataram akan menggelar aksi bersama sebagai tindak lanjut dari aksi yang telah dilakukan di masing-masing fakultas. Mahasiswa sudah menunjukan persatuan dan keseriusannya terhadap kemajuan kampus tercinta. Sudah saatnya seluruh elemen dalam kampus ini berbenah, terkhusus pihak birokrasinya.

0
0