Mataram (BEM UNRAM) – Universitas Mataram membebaskan uang pangkal bagi mahasiswa tidak mampu (miskin) jalur mandiri. Kriteria mahasiswa tidak mampu (miskin) harus memenuhi syarat menurut Badan Pusat Statistik (BPS). Pembebasan uang pangkal merupakan hasil aksi Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPK), Rabu (26/6).

 

Penghapusan uang pangkal berdasarkan jawaban atas pernyataan sikap mahasiswa oleh Rektor Universitas Mataram, Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum.  AMPK menuntut agar uang pangkal dihapuskan, Rabu (26/6).

 

“Bagi calon mahasiswa yang tidak mampu (miskin) dapat bebaskan uang pangkal dengan dibuktikan dokumen yang syah,” Jawaban Rektor saat menemui AMPK di lobi Rektorat.

 

Calon mahasiswa baru tidak mampu yang lulus jalur mandiri dapat dibebaskan dari uang pangkal dengan memenuhi syarat kurang mampu menurut BPS. Terdapat 14 kriteria menurut BPS untuk termasuk kurang mampu.

 

Untuk memenuhi 14 kriteria kurang mampu BPS, calon mahasiswa baru jalur mandiri harus menyertakan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Kemudian mengajukan surat permohonan penghapusan ke Rektor dalam hal ini Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Kurniawan, SH., M.Hum. (ton)

0
0