Mataram (BEM UNRAM) – Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Kurniawan, SH., M.Hum. mengeluarkan surat edaran berkaitan Perubahan Grade Uang Kuliah Tunggal (UKT). Surat edaran dengan nomor surat 4062/UN.18/TU/2019 berisi tata cara dan syarat yang harus dipenuhi mahasiswa dalam melakukan penurunan grade UKT, Rabu (22/5).

 

Dalam surat tersebut menyatakan bahwa pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat memberikan keringanan UKT dan/atau melakukan penetan ulang UKT terhadap mahasiswa apabila :

  1. Ketidaksesuaian kemampuan ekonomi mahasiswa yang diajukan oleh mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayainya; dan/atau
  2. Perubahan data kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai.

 

Dengan surat edaran tersebut maka mahasiswa dapat mengajukan permohonan perubahan UKT. Berikut tata cara pengajuan perubahan UKT berdasarkan surat  edaran dengan nomor surat 4062/UN.18/TU/2019 :

  1. Mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa yang bersangkutan mengajukan surat permohonan peninjauan perubahan besaran grade UKT kepada Dekan pada fakultas masing-masing disertai alasan dan dilengkapi dokumen pendukung seperti : Surat Keterangan Pensiun, Surat keterangan Kematian atau sebab lainnya.
  2. Dekan menugaskan kepada Wakil Dekan II dibantu jajaran di bawahnya untuk melakukan verifikasi terhadap data/dokumen pendukung sebagai alasan permohonan perubahan grade UKT.
  3. Kepala Program Studi (Kaprodi) di bawah Rektor dibantu jajaran di bawahnya melakukan verifikasi terhadap data/dokumen pendukung sebagai alasan permohonan perubahan grade UKT.
  4. Dekan/Kaprodi dibawah Rektor memberikan keputusan Menerima Atau Menolak usulan permohonan perubahan grade UKT berdasarkan hasil verifikasi yang sudah dilakukan.
  5. Apabila permohonan perubahan grade diterima, maka Dekan/Kaprodi di bawah Rektor bersurat ke Rektor tentan Perbaikan Surat Keputusan (SK) Perubahan Grade UKT.

Dengan tata cara dan syarat yang sudah di paparkan dalam surat edaran WR II mampu membantu mahasiswa yang mengalami ketidakmampuan dalam hal ekonomi dengan sebab tertentu yang mampu ditunjukan dengan dokumen resmi. (ton)

0
0