Mataram (BEM UNRAM) – BEM UNRAM adakan pasar rakyat sebagai rangkaian dari kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa 2019 pada 20 Juli 2019 di dusun Teres Genit, desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Pasar rakyat ini menjual berbagai barang-barang kebutuhan masyarakat seperti sembako dan baju-baju layak pakai dengan harga yang murah. Kegiatan ini didukung oleh berbagai pihak diantaranya BKKBN NTB, Aksi Cepat Tanggap, Titian Hidayah, AB Charity, hingga Bulog yang juga turut hadir mendirikan stand penjualan.

Muhammad Isnaini Hamidi, selaku ketua panitia Kemah Bakti Mahasiswa 2019 menuturkan, pasar murah ini diadakan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat pasca gempa yang belum stabil, selain itu mengingat lokasi pasar yang jauh dari Dusun Teres Genit sehingga masyarakat kesulitan untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Kami telah melakukan survey lokasi sebelumnya, dan dusun Teres Genit ini adalah salah satu dusun yang cukup jauh dari jangkauan pasar sekitar sehingga masyarakat harus turun dulu jika ingin membeli bahan makanan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan pasar murah sebagai rangkaian dari kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa 2019 ini sebagai bentuk pelaksanaan tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Menurutnya, mahasiswa harus dapat lebih peka akan kondisi dan kebutuhan masyarakat saat ini, karena mahasiswa mempunyai peran yanh besar didalam masyarakat nantinya.

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat sekitar, terlihat dengan tingginya antusiasme masyarakat yang hadir dalam pasar rakyat. 

“Kami sangat senang dengan adanya pasar rakyat ini, harga-harga yang ditawarkan lebih murah dari harga pasar biasa,” tutur salah satu warga Dusun Teres Genit. Masyarakat juga berharap kegiatan-kegiatan yang seperti ini dapat dilaksanakan ditahun-tahun mendatang untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. (didi)

0
0